RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) INFORMATIKA KELAS 10

 

Sekolah : MA Darussalam
Mata Pelajaran : Informatika 
Kelas/Semester : X / Ganjil 
Materi Pokok : Teknik Komputer 
Pertemuan Ke- : 5-6 Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (2x Pertemuan) 

A. Kompetensi Inti (KI) 
KI 1 dan KI 2 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 
KI 3 KI 4 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan. 

B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) 
3.2.1 Memahami interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak dan pengguna. 
1) Menyebutkan berbagai perangkat keras dan perangkat lunak komputer dan smartphone beserta fungsinya.
2) Menjelaskan interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak dan pengguna.
3.2.2 Mengenal jenis-jenis persoalan terkait penggunaan komputer yang lebih kompleks dari sebelumnya. 
1) Mengidentifikasi berbagai permasalahan saat booting.
2) Menjelaskan berbagai permasalahan perangkat keras dan perangkat lunak yang tidak berfungsi dengan baik.
4.2 Melakukan interaksi (transfer data, tethering) antara dua atau lebih perangkat yang berbeda. 
1) Mempraktikkan interaksi dua atau lebih perangkat yang berbeda.

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan Scientific serta menggunakan model Discovery Learning. Menjelaskan interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak dan pengguna, menjelaskan berbagai permasalahan perangkat keras dan perangkat lunak yang tidak berfungsi dengan baik, serta melakukan interaksi (transfer data, tethering) antara dua atau lebih perangkat yang berbeda, sehingga peserta didik dapat membangun kesadaran akan kebesaran Tuhan YME, menumbuhkan prilaku disiplin, jujur, aktif, kreatif responsip, santun, bertanggungjawab, dan kerjasama. 

D. Materi Pembelajaran
Standar Level : 
 Hardware, Software dan Brainware. 
 Blue Screen and Beep, Virus dan Malware, koneksi jaringan.
 Software driver dan Kompatiblitas.
 Koneksi bluetooth dan infrared.
 Koneksi wired and wireless. 
 Clouds storage.
High Level : 
 Remote desktop/clients. 
 Virtual Drive/OS.

E. Alat, Media dan Sumber Belajar
Alat/Bahan : 
 Spidol, papan tulis.
 Laptop & LCD.
 Laboratorium komputer dan Koneksi Internet.
Media : 
 Bahan ajar di schoology.
 Buku Informatika.


No comments:

Post a Comment

Pages